Selasa, 28 Agustus 2007

Laporan Herdina Tambunan (KAMG Jakarta)

Syalom KAMG,
Sesuai dengan undangan Education Forum kepada KAMG pada hari Senin 27 Agustus , Pukul 09.00- 15.00 WIB, saya ditugaskan untuk mewakili KAMG untuk mengikuti acara tersebut. Saya tiba di Wisma Kodel tempat berlangsungnya acara itu pikl 08.45. dan acara itu dimulai pada pukul 11.00 Wib. Acara yang seharusnya dihadiri oleh Ibu Yanti tidak datang berhubung Ibu itu sakit. Akhirnya rapat dipimpin oleh Bpk. Gatot (Sekretaris EF). Pengurus EF juga menghadiri acara itu, tapi koordinator ( Sophie Latjuba) EF tidak hadir.
Materi rapat pada hari itu adalah:
  1. Evaluasi terhadap kinerja EF
  2. Menampung ide-ide tentang apa yang harus dikerjakan EF lagi (apakah sebatas UN saja atau ada hal lain yang perlu dikaji)
  3. Menampung ide-ide upaya perbaikan kualitas pendidikan Indonesia
  4. Sharing tentang masing-masing komponen yang bergabung dengan EF
  5. Restrukturisasi pengurus EF
  6. Launching buku EF
Sebagai utusan KAMG, saya menceritakan tentang kondisi terakhir KAMG sesuai dengan sharing terakhir dengan pengurus KAMG (K’Resita) sewaktu kunjungan ke Jakarta pada hari Jumat yang lalu dan mensharingkan tentang laporan kronologis II yang disusun oleh KAM dan juga mensharingkan tentang Press Release tanggal 22 Agustus 2007.
Hasil pembahasan materi tersebut adalah EF akan mengkaji tentang :
  1. UN terus akan dikaji
  2. BHP
  3. Amandemen sisdiknas
  4. Anggaran (termasuk tentang korupsi anggran pendidikan)
  5. Guru ( sertifikasi, perlindungan guru, sosialisasi kurikulm)
  6. Perluasan akses pendidikan (salah satunya Homeschooling)
  7. Pembentukan Komisi Nasional Pendidikan
Materi tersebut akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Restrukrisasi pengurus EF dilakukan untuk semakin meningkatakan keefektifan dan kefisienan EF. Dengan struktur pengurus sebagai berikut:
Koordinator : Dr. Mohammad Abdulzen
Wakor : Elin Driana
Yanti Sriyulianti
Suparman
Koordinator daerah : Denni Saragih (Medan)
(dari daerah lain tidak semapat saya catat)
Sekretaris : Gatot
Waksek : Abdul Mufalah
Litbang : Irsyad Ridho
Rahmat Tialis
Advokasi : Leksono
Sulastri
Edi Setiawan
Kampanye : Ridwan Lukman
Melati
Sonya Sinyanyuri
Mbak Sophie menjadi penasihat, daftar nama penasihat nanti saya krim lagi, berhubung tidak keburu waktu mencatatnya. Diharapkan EF semakin tidak hanya bersifat education movement tetapi juga melakukan development education dengan hadirnya Litbang untuk melakukan riset-riset tentang pendidikan.. Kalau KAMG mau mengambil peran lagi di struktur pengurus EF masih bisa.
Acara tersebut dihadiri oleh banyak komponen EF, ada yang baru seperti Organisasi yang dipimpin K’Seto, kemudian Lembaga Pendidikan Lazuardi.
Launching buku perdana EF akan diadakan sekitar awal september. Dan ada kerinduan dari EF agar setiap komponen EF walau keanggotaan bersifat konsorsium diharapkan untuk mau hadir mengikuti undangan/ kegiatan EF. Disarankan untuk bergabung dengan mailing list EF: educationforum@yahoogroups.com .
Ini yang bisa saya sharingkan, sebenarnya Bpk Gatot akan mengirimkan ke email peserta rapat tentang hasil rapat ini. Nanti kalau udah dikirim akan saya forward ke email KAMG. Sekian sharing saya, saya rindu mengetahui informasi tentang perkembangan KAMG yang terbaru , saya minta tolong dikrimin. Tetap semangat KAMG, Maju Terus. God Bless you all.
Love,
Herdina Tambunan

2 komentar:

Heri Reksa mengatakan...

Sudah Pada tahukan proses penyelenggaraan UN disokolah2.
Seperti itulah gambaran masa depan Indonesia.
Aku turut berdosa karna tak punya kuasa merobahnya.
Bagaimana dengan KAU!

ahmadsayuthi mengatakan...

sekolah kita produsen koruptor